• Update

    Selamat datang di atlantisku.com. Dapatkan panduan, tips dan trik seputar komputer, smartphone, internet dan gadget.


    23 Mei 2008

    Dampak Kenaikan BBM Terhadap Perkembangan ICT

    Malam ini sekitar pukul 21.30 WIB pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM. Isu yang selama ini berkembang di masyarakat mengenai kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) terjawab sudah. Pemerintah melalui kelima menterinya mengadakan konferensi pers mengumumkan kenaikan harga BBM pada jenis premium, solar dan minyak tanah mulai tanggal 24 Mei 2008 besok tepat pada pukul 00:00 . Harga premium dari harga Rp. 4500,- per liter menjadi Rp. 6.000,- per liter, solar dari harga Rp. 4.300,- menjadi Rp. 5.500,- per liter dan minyak tanah dari Rp. 2.000,- per liter menjadi Rp. 2.500,- per liter.

    Dampak kenaikan BBM sangat berpengaruh terhadap sektor lain seperti bidang transportasi, kenaikan harga pangan dan sektor industri yang akan berefek domino. Dengan kenaikan BBM tersebut kita berharap tidak terjadi kenaikan di sektor industri teknologi informasi khususnya kenaikan harga komputer dan ponsel serta harga bandwidth.


    Sekarang saja harga bandwidth (pita lebar) di Indonesia sangat mahal dibandingkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sehingga harga untuk koneksi intenet sampai pada tingkat konsumen masih belum terjangkau. Jika terjadi kenaikan di sektor teknologi informasi hal ini akan berdampak pada perkembangan kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menguasai teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan komunikasi.

    Semoga saja pemerintah tetap akan terus menurunkan harga bandwidth meskipun menaikkan harga BBM agar akses internet lebih terjangkau ke masyarakat sampai ke pelosok pedesaan. Dengan demikian masyarakat akan kaya informasi yang berdampak pada perubahan pola pikirnya sehingga dapat hidup lebih maju.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!