• Update

    Selamat datang di atlantisku.com. Dapatkan panduan, tips dan trik seputar komputer, smartphone, internet dan gadget.


    19 Nov 2012

    Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

    Media penyimpan data eksternal memiliki ragam bentuk dan ukuran data seperti memory chip, hardisk eksternal dan flashdisk tentunya. Namun untuk alasan praktis, rupanya flashdisk masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

    Walaupun sekarang sudah banyak bermunculan hardisk eksternal berbagai macam merk dan jelas-jelas memiliki ruang penyimpanan data yang jauh lebih besar dibandingkan flashdisk. Hal ini dikarenakan bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa serta penyimpanan, seperti dapat diselipkan pada saku

    Selain memiliki kelebihan seperti telah disebutkan tadi, flash disk ternyata bisa menjadi rentan mengalami kerusakan apabila dalam pemakai kurang memahami sifat dari flashdisk dan kebiasaan dalam penggunaan ditambah lagi hal lain yang dapat mempengaruhi usia flashdisk tersebut.

    Agar Flashdisk awet dan tetap bisa bekerja dengan baik dan tahan lama biasakan mencabut flash setelah keadaan aman dengan menghentikan aktifitas seperti gambar di bawah ini.


    Proses hapus-tulis biasanya flashdisk memiliki kekuatan bertahan (baca:usia) hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Berbagai macam merek flashdisk yang ada di pasaran memiliki kualitas dan harga yang berbeda yang juga mempengaruhi umur dan pemakaian flashdisk.

    Namun demikian hal itu tidaklah mutlak. Alangkah baiknya apabila kita membiasakan untuk meminimalisir proses hapus-tulis pada flashdisk agar usia flashdisk lebih bertahan lama, namun yang sering terjadi sekarang belum lama membeli flash disk baru atau belum lama tiba-tiba tidak dapat digunakan sebelum rentang waktu yang ditentukan dan mengalami masalah.

    Beberapa masalah pada flash disk yang sering terjadi antara lain, partisi yang tidak terbaca, tidak dapat di format, tidak dapat di copy filenya dan lain sebagainya. untuk mengatasi hal tersebut kami punya sedikit pengalaman yang akan saya bagikan pada kalian
    pada flash disk yang sudah mengalami kerusakan disini akan kita coba dengan 2 cara.

    Cara memperbaiki Flashdisk rusak:

    Cara yang pertama kita akan merepairnya terlebih dahulu, dalam proser repair kita menggunakan software geratisan yaitu Repair v 2.9..1.1 . Software ini akan berjalan dan langsung mendeteksi flash disk anda, kemudian otomatis memperbaiki kerusakannya. Kelebihan tools ini adalah ringan, penggunaannya mudah dan proses repairnya cepat

    Apabila dengan cara yang pertama tidak berhasil maka kita tempuh dengan cara yang ke dua yaitu dengan menggunakan Hard Disk Low Level Format Tool 2.36


    Software ini ukurannya juga kecil hampir sama dengan software Repair 2.9.1.1 yaitu sekitar 500kb. Perbedaan software ini dengan Repair 2.9.1.1 adalah penggunaanya mudah namun prosesnya sedikit lebih lambat. Kelebihan tools ini setelah proses repair, dapat dilakukan format ulang pada media storage.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!