• Update

    Selamat datang di atlantisku.com. Dapatkan panduan, tips dan trik seputar komputer, smartphone, internet dan gadget.


    15 Mei 2017

    Cara Mengatasi Ransomware WannaCrypt

    Dunia internet dihebohkan dengan serangan malware bernama Ransomware (WannaCrypt) di beberapa negara ternasuk Indonesia. Ada beberapa rumah sakit di Indonesia yang terkena dampak serangan malware Ransomware. Sekedar info malware ini tadinya bikinan agen security nasional Amerika yang dicolong sama hacker.



    Malware WannaCrypt akan mengunci semua file yang ada di komputer sehingga tidak bisa di akses, malware ini akan mengenkripsi semua file dan akan menampilkan informasi cara mebuka (decrypt) semua file tetapi dengan meminta tebusan sekitar 300 dollar dan jumlahnya akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Lantas bagaimana cara mengantisipasi malware Ransomeware (WannaCrypt) yang sangat berbahaya ini? Bagi saya yang masih newbie dibidang jaringan komputer dan malware mungkin hanya ini cara yang paling mudah dilakukan.😋




    Langkah-langkah mengantisipasi Ransomeware WannaCrypt:

    • Putuskan komputer yang belum terinfeksi yang terhubung dengan jaringan internet atau LAN (local area network) dengan mencabut kabel LAN atau matikan Wifi
    • Membuat backup (cadangan data) dengan hard disk eksternal atau flash disk. Simpan di komputer yang aman dan tidak terhubung dengan jaringan
    • Lakukan update secara menyeluruh dan atau upadate patch security sistem operasi Windows di sini. https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010. Pilih sesuai dengan OS di komputer kamu
    • Install/update definisi virus terbaru
    • Restart komputer
    Langkah-langkah untuk memperbaik komputer yang terkena serangan Ransomware WannaCrypt

    Untuk saat ini belum ada tool atau antivirus yang mampu memperbaiki komputer yang terinfeksi serangan malware jahat ini. Namun kamu bisa mencoba langkah-langkah sederhana bagi yang masih awam (seperti saya sendiri) berikut ini:
    • Jika memungkinkan update antivirus menggunakan sambungan internet yang aman semisal modem GSM. Gunakan 1 komputer dulu untuk ujicoba mematikan serangan ini, jangan sambungkan dengan komputer lain. Setelah update antivirus lakukan full scan pada semua hard drive komputer.
    • Untuk mencoba membuka file yang terenkripsi (decrypt), Copy file misal Word atau Excel yang telah terenkrepsi malware dengan flashdisk Kunjungi website https://www.nomoreransom.org/ dan unggah file tersebut kesitus tersebut. Situs tersebut akan menganalisa file yang terenkripsi dan mencoba untuk membukanya.
    • Langkah terakhir (ekstrim) untuk mematikan malware ini dengan cara format hard drive tempet OS diinstal dan kemudian install ulang dengan OS terbaru (Windows 10) dan jalankan update menyeluruh dengan koneksi internet yang aman, lebih baik pake modem 4G agar tidak terinfeksi dengan jaringan komputer lain. Jika pake modem 4G komputer masih terkena malware berarti jaringan operatornya juga terinfeksi 😕. Install antivirus yang menurut saya mumpuni seperti Kasperky, Baidu (gratis), Eset, dan BitDefender. 
    • Install antimalware sebagai tambahan untuk mencegah serangan malware sepeti MalwareBytes, Ad-Aware Plus, Spybot Search And Destroy.
    • Jalankan update Windows, Antivirus dan Antimalware secara rutin.
    • Jangan panik dan takut jika terjadi serangan, segera konsultasikan dengan tim IT.
    • Selamat menggunakan komputer dan internet secara bijak, cermat dan hati-hati. Mereka selalu mengawasi kita.


    1 komentar:

    No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!